cover
Contact Name
Frenta Helena Simaibang
Contact Email
ojslppmumht@gmail.com
Phone
+628119114381
Journal Mail Official
ojslppmumht@gmail.com
Editorial Address
Universitas Mohammad Husni Thamrin Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin
ISSN : 26562847     EISSN : 26561018     DOI : 10.37012/jpkmht
Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin merupakan jurnal yang berisi tentang artikel ilmiah hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa di berbagai bidang keilmuan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2021): Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin" : 3 Documents clear
Pelatihan Kewirausahaan Melalui Optimasi Marketplace dan Pengemasan Produk Sebagai Strategi Meningkatkan Penjualan Usaha Rumahan Masyarakat di Kelurahan Kalimulya Depok Novitasari, Novitasari
Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin Vol 3, No 2 (2021): Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jpkmht.v3i2.668

Abstract

Perkembangan digitalisasi ekonomi diyakini menjadi jalan keluar bagi UMKM ataupun usaha rumahan untuk bertahan ditengah-tengah krisis akibat pandemi Covid-19. Namun dari total UKM yang ada, baru sedikit yang terhubung dengan pasar daring atau marketplace. Kendala utama yang membuat usaha rumahan sulit diajak beralih ke marketplace adalah karena rendahnya pemahaman teknologi dari para pelaku usaha itu sendiri. Kegiatan pengabdian masyarakat Program Studi DIII Keuangan dan Perbankan PNJ bertujuan untuk membantu mitra mengoptimasi marketplace sebagai sarana digital marketing dan bagaimana memilih pengemasan produk. Pelatihan dilaksanakan di Sekretariat RW.02 Kelurahan Kalimulya Depok pada tanggal 1 September 2021 dengan peserta pelatihan sejumlah 20 mitra. Pelaksanaan pelatihan meliputi (1) penjelasan mengenai cara memilih kemasan produk yang aman, berkualitas dan menarik, (2) pemaparan materi mengenai cara membuat naskah iklan yang menarik (copywriting), (3) praktik membuat akun toko di Shopee. Hasil dari pelatihan ini mitra pelatihan dapat memahami dan memiliki keterampilan memilih bahan kemasan produk yang aman, mitra pelatihan dapat membuat naskah iklan sendiri dan sudah memiliki akun toko di Shopee yang digunakan secara aktif untuk berjualan.Kata Kunci: Usaha Rumahan, Kemasan, Copywriting, Marketplace.
Analisis SWOT sebagai Upaya Peningkatan Keunggulan Kompetitif Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Wilayah Jakarta Timur Rahmi, Rahmi; Dalimunthe, Sholatia; Susita, Dewi
Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin Vol 3, No 2 (2021): Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jpkmht.v3i2.698

Abstract

Pandemi Covid-19 berimbas ke segala bidang, termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Data menunjukkan hanya kurang dari 6% UMKM yang mengalami pertumbuhan positif selama masa pandemi ini. Agar dapat bertahan dan memenangkan persaingan, pelaku UMKM harus melakukan berbagai strategi, salah satunya adalah menganalisis kondisi internal dan eksternal usaha. Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Jakarta bekerja sama dengan Suku Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan Jakarta Timur mengadakan pelatihan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) sebagai usaha evaluasi diri usaha UMKM agar pelaku UMKM dapat mengenali kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman usahanya. Peserta pelatihan adalah pelaku UMKM binaan Suku Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan Jakarta Timur. Pelatihan dilakukan secara daring menggunakan aplikasi Zoom dengan memaparkan materi mengenai analisis SWOT berisi definisi analisis SWOT, tujuan dan manfaat pelaksanaan analisis, langkah-langkah pelaksanaan analisis, contoh penerapan analisis, serta sesi tanya jawab dengan peserta sekaligus konsultasi mengenai permasalahan yang dihadapi oleh usaha mereka. Setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan mampu mengidentifikasi SWOT usaha mereka dan melakukan tindakan korektif, antisipatif, dan konstruktif bagi usahanya.Kata Kunci: Analisis Internal, Analisis Eksternal, SWOT, UMKM.
Workshop Pembuatan Mini Konveyor Untuk Proses Quality Control Berbasis Computer Vision Rozikin, Chaerur; Enri, Ultach; Suharso, Aries
Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin Vol 3, No 2 (2021): Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/jpkmht.v3i2.629

Abstract

Seiring berjalannya waktu, teknologi yang ada juga berkembang, perkembangan teknologi akan membantu manusia dalam kesehariannya. Otomatisasi adalah suatu teknologi yang terkait dengan mekanik, elektronik, dan komputer berdasarkan sistem untuk beroperasi dan untuk mengontrol produksi. Otomatisasi dapat digunakan dalam proses Quality Control dengan menggunakan Konveyor dengan Sensor hc05. Dengan sistem otomasi ini, proses Quality Control akan lebih cepat dan mengurangi tenaga kerja manusia di dalamnya. Cara kerjanya adalah dengan menyensor botol di dalam kotak untuk melihat jumlah botol dalam kotak sesuai dengan angka yang telah ditentukan.Kata Kunci: Kualitas Kontrol, Otomasi, Sistem Komputer Vision.

Page 1 of 1 | Total Record : 3